Monday, October 24, 2011

Posting Gambar Pertama di Blogger Menggunakan BlackBerry


Foto ϑî atas adalah foto pertama yang kuupload menggunakan BB. Biasanya untuk upload foto ke blog, aku selalu memakai laptop atau PC. BB hanya bisa kupakai untuk posting artikel saja.
Dikarenakan PC yang lagi rusak dan belum sempet kubenerin*entah males, atau sibuk..hihi* juga laptop yang jarang bisa dipinjem*laptop suami dibawa ke jakarta, laptop kakakku sering dipake*..akhirnya ku cari cara agar bisa upload foto ke blog dengan hanya memakai BB.
Kucari artikel tentang penguploadan foto melalui BB ϑî google tapi ga dapat. Jadi kuputuskan untuk mencoba-coba sendiri.
Setelah try and always error, akhirnya kutemukan juga caranya. Ini langkah-langkahku :

1. Ku install dulu aplikasi yang berhubungan dengan uploading picture ke blogger. Ku putuskan install applikasi "ShowMe!Blogger". caranya :
Klik "BlackBerry App World" --> klik "search app world" ketik kata sandi "blogger" --> anda akan ditawari berbagai macam applikasi mulai yang free sampai yang berbayar. Karena ingin menggunakan applikasi yang free jadi ku pilih "ShowMe! Photo Blogger Free"(ada didalam folder IM&Social Networking ato My World) --> download.

2. Setelah applikasi ShowMe!Blogger didownload, kamu belum bisa langsung menjalankannya. Kamu harus sign in ke blogmu dan masuk ke "setelan" --> pilih "email & seluler" (lihat gambar)


--> lihat "opsi pengeposan" --> isi "alamat pengeposan via email" (lihat gambar) --> lalu klik "Publikasikan segera email" --> klik tombol "simpan setelan"


Pada "alamat pengeposan via email" ada username(username bloggermu/email bloggermu, default) dan secretword(silahkan ketik apa saja sebagai secretword. Secretword dipakai untuk membedakan blog kamu jika kamu punya 2blog atau lebih. Karena secretword akan mengarahkan pengiriman kamu ke blog yang benar bukan blog kamu yang laen).

3. Sekarang saatnya masuk ke applikasi ShowMe!Blogger.
Pilih "option" --> centang(v) Blogger eMail --> ketik email yang sudah kamu buat ϑî poin 2. Mis : username=laili35, secretword=tulip. Jadi yang diketik adalah : laili35.tulip@blogger.com (lihat gambar)--> save


Pengisian ini harus dilakukan agar foto dan artikel kamu terposting tepat ke blog yang kamu tuju.
Sebagai info tambahan, menu ShowMe!Blogger terdiri dari :
¤ take photo : terhubung ke kamera
¤ browse : untuk mengambil picture yang ada ϑî folder ϑî BlackBerry
¤ add caption : untuk memberikan judul/keterangan foto
¤ title : judul postingan ϑî blog
¤ post : isi/artikel yang diposting
¤ share : jika kamu ingin men-share artikel dan foto tersebut ke alamat lain atau ke teman anda
¤ from : tulis alamat email kamu yang dipakai untuk memposting
¤ style : bisa memilih beberapa pilihan frame. foto kayla yang kuposting ϑî sini menggunakan blackframe.
¤ color : pilih warna sesuai selera kamu
¤ send : dengan mengklik tombol ini, foto dan artikel akan terkirim ke blog kamu
¤ reset : menghapus yang sudah ditampilkan dilayar BB kamu
¤ option : ada beberapa pilihan yang hrs dicentang(v) dan diisi. Dan yang wajib diisi kl kamu pengguna blogger ya kudu "Blogger eMail".

Setelah 3 tahap itu sudah dikerjakan, baru kamu bisa mencoba untuk update blog melalui BlackBerry. Tinggal kamu masukkan foto dan tulis artikel lalu klik tombol "send" dan terkirimlah postingan(foto plus artikel)mu ϑî blogmu..so simple..
Akhirnya setelah berkutat dengan Blogger dan BB kudapat juga caranya. Buat yang pengen nyoba..monggo..smg mempermudah aja..hehe

** artikel dan foto2 ϑî artikel ini semuanya ku edit dan ku posting hanya memakai BB..lumayan kan.. (*_^)



Sent from my BlackBerry®

powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Powered by ShowMeBlogger.com

4 comments: