Tuesday, November 1, 2011

Pengenalan Awal Kreasi Flannel


Kerajinan flannel atau biasa disebut felt bukan lagi kerajinan baru. Kerajinan ini cukup bermanfaat untuk mengisi waktu luang.
Pada saat saya masih ϑî bangku kuliah, saya sering melihat banyak mahasiswi mengisi waktu senggangnya untuk membuat kerajinan ini.
Walaupun sering melihatnya ketika berangkat atau pulang kuliah, namun buat saya kerajinan ini cukup asing karena saya tidak tahu cara membuatnya.
Saya mulai mengenal ini jauh dari masa perkuliahan saya. Saya mengenalnya ketika saya memutuskan ingin mencoba kesibukan lain ditengah-tengah aktifitas saya sebagai ibu rumah tangga.
Kerajinan ini sebenarnya tidak sulit, asal kita kreatif. Kepala kita cukup diputar untuk mencari ide-ide segar yang bisa membuat kerajinan ini lebih bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, misalnya untuk gantungan kunci/HP, tempat HP, bros, pigura, sampul album/agenda, dompet, tempat pensil, hiasan kaos/baju dan yang menurut penulis paling banyak peminatnya adalah sebagai sandal boneka.
Di artikel ini, saya akan sedikit membantu anda untuk mengetahui tentang pengenalan dasar pembuatan kreasi flannel.
Saya akan mengenalkan pada anda bahan dan perlengkapan apa saja yang sering digunakan untuk membuat kreasi flannel, diantaranya :
1. Kain felt
Biasa disebut kain flannel. Mencari kain ini relatif lebih sulit dibanding mencari kain untuk baju. Kain ini jarang sekali ditemukan ϑî toko khusus kain. Anda bisa mencoba mencarinya ϑî toko yang menjual pernak pernik peralatan menjahit. Di Surabaya, saya biasa mencarinya ϑî PGS(Pasar Grosir Surabaya). Dan ϑî Jakarta, banyak ϑî jual ϑî tanah abang.
2. Jarum jahit
3. Benang sulam
Benang sulam dipakai untuk membuat jahitan pada kain felt.
4. Pistol Lem (glue gun)
Glue gun untuk digunakan sebagai alat untuk melelehkan lem batangan. Digunakan untuk proses pengeleman, misalnya merekatkan pernak penik seperti mata, payet, dan bisa juga dipakai untuk menempelkan kreasi flannel pada bros, jepit rambut atau pada kreasi sandal boneka bisa dipakai untuk perekatan kain flannel pada sandal, dll.
5. Lem batangan (melty stick)
Biasa ϑîsebut juga dengan lem lilin. Sebagai isian glue gun.
6. Kapas/dakron
Dipakai sebagai bahan pengisi. Saya biasanya memakai dakron karena lebih murah harganya dan lebih pas untuk pengisi boneka. Dakron agak susah mendapatkannya, biasanya ada ϑî toko dan atau pabrik kasur.
7. Aneka bahan pelengkap
Aneka bahan pelengkap dipakai sebagai bahan tambahan untuk aplikasi flannel, misalnya : tali gantungan HP, tali kur, rantai gantungan kunci, peniti bros/pin, jepitan rambut, manik-manik mata, manik-manik hitam, dll
8.Benang jahit hitam
Benang jahit lebih tipis dan lebih kuat daripada benang sulam. Benang ini digunakan untuk menjahit manik-manik hitam agar terpasang dengan kuat.
9. Tongkat kecil
Tongkat kecil semacam tusuk sate, digunakan untuk membantu memasaukkan kapas/dakron ke dalam kreasi boneka yang kecil.
10. Alat tulis
Crayon, pensil, pensil warna, penggaris digunakan untuk mewarnai kain felt juga untuk membuat pola.
11. Gunting
12. Lem serbaguna
Bisa dipakai untuk pengganti glue gun dan melty stick.
13. Alat bantu penarik benang
Berfungsi untuk mempermudah memasukkan benang ke jarum.


Setelah bahan dan perlengkapan sudah tersedia, saatnya untuk memulai berkreasi.
Namun ada satu hal lagi yang harus kita ketahui tentang kreasi ini. Untuk menjahit pinggiran kain selalu digunakan satu macam tusuk jahit, yaitu tusuk feston (sumber gambar tusuk feston : Buku "Aksesori & Perlengkapan Anak Dari Kain Felt")


Kegunaan dari tusuk feston :
• Merapikan pinggiran kain felt
• Menggabungkan dua lembar kain felt yang memiliki bentuk dan ukuran sama
• Menggabungkan kain felt dengan bahan lain misalnya ritsleting

Masih ada macam tusuk jahit lainnya seperti : tusuk tikam jejak, tusuk pipih, tusuk jeruji dan tusuk rantai terbuka. Macam tusuk-tusuk jahit itu akan dijelaskan lebih detail nanti ketika digunakan pada aplikasi kreasi flannel(karena tidak semua kreasi flannel memakai tusu jahit-tusuk jahit diatas).

Pembelajaran awal tentang kreasi flannel sudah dikuasi, sekarang tinggal pengaplikasiannya ϑî kreasi sebenarnya. Kita akan bahas proses pembuatan macam-macam kreasi flannel ϑî artikel-artikel selanjutnya ^_^

Powered by ShowMeBlogger.com

No comments:

Post a Comment