Wednesday, November 2, 2011

Gantungan Kunci Strawberry


Membuat kreasi felt sebenarnya gampang-gampang susah. Sebagian orang beranggapan bahwa dirinya tidak kreatif sehingga akan sulit membuat kreasi apapun. Menurut saya anggapan itu salah!
Saya tergolong orang yang tidak kreatif. Ketika disodorkan sebuah permintaan untuk menggambar pola menggunakan pensil, saya akan memilih mundur. Saya tidak punya bakat menggambar, gambar saya pasti tidak mirip aslinya, gambar saya tidak simetris, dan bla bla bla begitu banyak alasan yang akan saya kemukakan.
Namun semua itu bisa terselesaikan dengan sebuah software design yang selalu saya gunakan untuk menggambar dan mengedit, saya gunakan photoshop.
Dengan photoshop, tidak sulit bagi saya untuk membuat gambar saya simetris. Banyak aplikasi yang bisa digunakan, misalnya untuk menggambar lingkaran tinggal klik dan gambar. Untuk lebih detail tentang photoshop silahkan anda mempraktekkannya sendiri(semoga penulis kapan-kapan bisa bikin artikel tentang photoshop dan sedikit memberikan tutorial untuk drawing atau editing..semoga ya..^_^ ).
Untuk memulai pelajaran tentang kreasi felt atau flannel, kita mulai dengan membuat sebuah kreasi sederhana dulu. Untuk kreasi yang lebih rumit, kita akan pelajari ϑî artikel-artikel selanjutnya.
Di artikel ini kita akan memulai belajar membuat sebuah gantungan kunci strawberry.
Langkah-langkahnya :
1. Buat pola strawberry dulu ϑî selembar kertas. Anda bisa menggambarnya dengan tangan atau anda melakukan seperti yang saya lakukan yaitu dengan photoshop. Menggambar pola strawberry terdiri dari 3 pola, yaitu : buah strawberry, daun dan bulatan-bulatan kecil sebagai titik-titik pada buah strawberry.(Lihat gambar)
2. Taruh pola-pola ϑî kain flannel lalu gunting kain tersebut mengikuti pola. Atau kalau anda kesulitan, anda bisa menggambar pola menggunakan pensil ϑî kain flannel lalu anda bisa mengguntingnya dengan mudah.
3. Selipkan tali kecil/tali kur kecil pada rantai gantungan kunci. Ikat kedua ujung tali.


4. Gabungkan 2 lembar kain flannel berbentuk strawberry sambil menyelipkan tali(hasil dari langkah 3), lalu jahit sekelilingnya dengan menggunakan tusuk feston(baca artikel sebelumnya, http://idasilvy.blogspot.com/2011/11/pengenalan-awal-kreasi-flannel.html).


5. Sisakan sedikit lubang jahitan untuk memasukkan kapas/dakron. Setelah dirasa kapas/dakron sudah cukup memenuhi(boneka strawberry mengembang bagus, tidak terlalu keras tapi tidak terlalu kempis) strawberry lalu lanjutkan menjahit hingga strawberry tertutup sempurna.
6. Lem daun flannel(2lembar) tepat bagian atasnya(tali kur dilem ϑî dalam 2lembar daun flannel). Lem juga bulatan-bulatan kain flannel sebagai hiasan pada tampilan strawberry.


Akhirnya sebuah gantungan kunci strawberry selesai sudah. Bisa ϑî hadiahkan buat si buah hati untuk penyemarak tas sekolah ^_^

** buat anda penggemar kerajinan flannel, macam-macam kreasi flannel yang lain akan saya posting ϑî artikel-artikel mendatang. Tunggu aja tanggal mainnya (*_^)

Powered by ShowMeBlogger.com

No comments:

Post a Comment