Friday, December 2, 2011

Dunstan Baby Language, Cara Mudah Memahami Bayi Anda


Oleh : Ida Silvia

Saya mengetahui metode ini ketika saya hamil putri kedua saya. Kala itu ϑî acara Oprah Winfrey, dunstan hadir sebagai nara sumber menerangkan dan mempraktekkan metode yang dibuatnya.
Beberapa hari kemudian, saya membacanya ϑî sebuah artikel ϑî surat kabar. Dari sana saya mulai menggunting kolom yang khusus menguraikan 5 kata dari "bahasa bayi" tersebut dan menjadikannya sebagai referensi untuk lebih memahami si kecil.
Priscilla Dunstan, wanita dari Australia ini memiliki memori eidetic – memori fotografik terhadap suara. Ia dapat memainkan komposisi Mozart dengan biolanya hanya dengan sekali mendengarkannya saat dia berusia 5 tahun. Karena kemampuannya itu, ketika dia memiliki bayi, dia memperhatikan pola tangis sang bayi dan mengerti apa yang diinginkannya.
Bayi berusia 0-3 bulan di seluruh dunia, ternyata memiliki bahasa bayi yang sama. Bahasa mereka merupakan refleks alami yang muncul dengan sendirinya. Refleks suara sang bayi akan berubah menjadi tangisan histeris ketika keinginannya tidak direspon. Namun ketika usia bayi diatas 3 bulan, bayi akan merubah refleks suaranya menjadi ocehan.
Menurut dunstan, semua bayi dibawah 3bulan memiliki bahasa universal yang tidak terpengaruh oleh warna kulit dan budaya orang tuanya. Dia menyebutnya sebagai dunstan baby language, terdiri dari 5 kata yang menjadi dasar "bahasa bayi". Dan kelima kata tersebut adalah :

1. Neh, berarti lapar. Cirinya mulut dan lidah bergerak seperti mengecap.
Penanganannya : segera berikan ASI atau susu.

2. Owh, berarti mengantuk. Ditandai dengan mulut yang berbentuk oval saat bayi menangis.
Penanganannya : bantu dia tidur.

3. Heh, berarti bayi merasa tidak nyaman.
Penanganannya : cari tau penyebabnya. Bisa disebabkan karena dia kepanasan atau kedinginan, atau mungkin popoknya minta diganti.

4. Eairh, berarti kembung.
Penanganannya : pijat punggung bagian belakang setinggi perut. Atau gunakan minyak telon atau bisa juga dicampur dengan daun jarak yang sudah lama menjadi ramuan warisan nenek moyang.

5. Eh, berarti dia butuh disendawakan karena terdapat udara ϑî rongga dada. Hal ini sering terjadi setelah bayi minum susu.
Penanganannya : bantu sendawakan bayi karena bayi tidak bisa sendawa sendiri. Letakkan(tempelkan) dia ϑî dada anda(bayi menghadap anda) dan tepuk-tepuk bagian punggungnya hingga terdengar bunyi sendawa.


Untuk lebih memahami dan mengerti pengucapan kelima kata tersebut, alangkah baiknya kalau anda membeli 1 set DVD "The Dunstan Baby Languange". Anda bisa membelinya ϑî toko online yang banyak bertebaran ϑî dunia maya. Artikel ini hanya sedikit membantu anda memahami "bahasa bayi", namun dengan sering melihat dan melatih pendengaran anda melalui DVD dunstan akan memudahkan anda membedakan pengucapan tiap kata tersebut, sehingga anda dapat merespon secara cepat dan efektif keinginan bayi anda.

No comments:

Post a Comment